Home / Artikel Bikin Portofolio Anak yuk

Bikin Portofolio Anak yuk

Bikin Portofolio Anak yuk

Parenting

Sabtu, 04 November 2017

Day-1, membuat portofolio bersama anak


Membersamai anak-anak itu anugrah tak terbayarkan. Nikmat luar biasa diberikan kesempatan untuk mewarnai titipan yang dipercayakan pada kita, orang tuanya. Detik setiap detik selalu memiliki rasa yang berbeda. Mulai dari masa kandungan, masa paling nikmat kalau buat saya. Takjub tiada tara saat ada mahluk yang bisa bergerak saat kita berbicara padanya, tendangan dan gerakan kecil saat kita ajak main 'coba tendang di sini, de' dan ade pun mengikuti permintaan kita. Bahagia dunia akhirat saat melihat si kecil mulai mengenal dunia, tangisnya pecah saat itu juga. Dan kita bahagia bukan kepalang. Seorang bayi mungil keluar dari tubuh kita.


Pernahkan emak ingat bagaimana saat pertama kali anak mengucapkan kata pertamanya?

Pernahkan emak ingat bagaimana langkah kaki pertama mereka saat baru berjalan?

Ingatkah mak, saat si kecil mulai makan makanan padat pertamanya?

Ga lupa kan, saat pertama kali emak pergi mengantar si kecil sekolah di hari pertamanya?

Ingatkan mak, saat pertama emak mendapatkan ucapan dari teman ; "Anakmu hebat ya, sudah ga ngompol lagi."


Peristiwa-peristiwa di atas itu hanya ada dan muncul sekali seumur hidup kita. Sayang beribu sayang kita melewatinya begitu saja tanpa membekas dalam ingatan. 


Maka, sejak anak-anak kecil, saya selalu mengabadikan setiap momen penting dalam hidupnya pada sebuah kamera saku. Saat itu HP yang memiliki kamera harganya selangit apa lagi DSLR, saya ga mampu beli. Hahaha. Jadi lah saya mengabadikannya melalui kamera saku. Dan berlanjut yaa itu berkamera saku hingga anak-anak SD. Semua tersimpan dan terback up rapi dalam leptop dan harddisc external (HDX). Saya membuatkan anak-anak portofolio dan akan kami berikan saat mereka menikah, rencananya. Semua kegiatan di sekolah yang momennya tidak bisa saya ambil sendiri, saya minta ke pihak guru salinan foto anak-anak yang sedang berkegiatan, minimal mewakili apa yang saya butuhkan pada portofolionya. Kegiatan luar sekolah pun demikian, tak hanya lembaran sertifikat  dan foto, gambar atau hasil karya anak-anak pun saya simpan rapih pada setiap folder pribadi mereka.


Namun, Allah berkehendak lain. Salah satu HDX saya rusak, kena virus, data hilang, tak bisa semua data terpanggil saat diperbaiki. Sedihkah saya? aiih, maak, jangan ditanya. Semua data dan foto anak-anak banyak yang tak terselamatkan. Dan belum semua sempat saya pindahkan ke email, Gdrive atau blog yang di setting private. Berangkat dari situ saya berazzam ingin memulai kembali, mencari puzzle lagi terkait lembaran portofolio anak-anak. Tak hanya melalui media ini saya rekam, namun hardfile pun saya perbaiki.


Mulai hari ini, saya kembali melengkapi detil data hardfile bersama anak-anak. Kebetulan saya menemukan buku portofolio keren yang bisa kami gunakan. Memang siih, di buku ini tetap saja ada plus minusnya. Tapi buat kami, in sudah luar biasa lengkap dan bermanfaat banget saat kita membuka lembar demi lembar. Akan tergambar sosok anak secara utuh seperti apa. Buku colour full luar dan dalam membuat pembaca makin asyik mengikuti lembar demi lembar perjalanan anak-anak selama ini.


Ya, portofolio, tak hanya sekedar kumpulan foto, gambar atau tulisan tentang anak. Ini bisa dijadikan pijakan dasar orang tua untuk bisa menarik benang merah terkait kemampuan anak. Portofolio juga bisa dijadikan bahan diskusi bersama anak terkait apa yang sudah ia raih selama ini dan apa langkah berikutnya. Tak hanya sekedar mengingat-ingat apa yang sudah dilakukan, portofolio bagi kami sangat penting dalam mengambil setiap langkah untuk kegiatan anak-anak.


Saya yang memang suka mengarrange banyak hal, saat membuat dan melengkapi porofolio, selalu berusaha melibatkan anak-anak. Karena tak hanya akan menguatkan bonding, makna dan berkah serta rasa syukur dalam hidup juga akan terasa saat lembar demi lembar kita rangkai bersama. Lembar demi lembar kami lengkapi dengan kisah dan aneka foto pilihan yang disesuaikan. Kreatifitas kita dalam membuat portofoli akan diuji. Tapi tenaang, anak-anak itu sudah terlahir kreatif kok. Jadi, akan selalu ada ide segar yang akan mereka gelontorkan, dan itu akan membuat kita terbelalak. Cobain deh...hehehe. Ups, tak hanya berupa buku, portofolio dalam bentuk slide juga sedang disiapkan loh. Kalau ini, perannya cah lanang yang buat, tapi ternyta, dalam antrian pengerjaannya. Hiks, baiklah, saya dan cah ayu menyelesaikan yang hardfile aja dulu.


Ini dia buku portofolio yang kami gunakan : Bukan iklan ya, karena dari semua buku portofolio yang beredar di pasaran, saya lebih suka buku ini, kenapa? ikuti aja cerita besok yaaa. 


img-1509763456.jpg

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial