Contoh Puisi Gaya Lama


Dulu saya mengangap puisi itu hanya gombalan para lelaki semata. Baik untuk pasangannya atau untuk keadaan sekitarnya. Puisi itu sok romantis, ga usaah bergaya romantis kalau ga ngerti puisi.Tapi makin dalam saya belajar, puisi itu membuat saya kaya akan ragam diksi. Karena tak perlu menelanjangi maksud bila kita mampu menggunakan diksi lain yang lebih menarik.


Saya juga makin kagum sama anak-anak yang kuliah jurusan bahasa indonesia. Betapa luar biasanya mereka membuat baris kata dengan sejuta makna. Bahasa indonesia itu sangat kaya.

Tahukah mak, bahwa pada tahun 2014, ada sekitar 118.000 lema (kata atau frase yang dimasukkan ke dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI IV). Tahun 2019 Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mentargetkan adanya penambahan 82.000 lema lagi yang akan diluncurkan untuk KBBI V. Ini masih jauh di bawah bahasa Inggris yang saat ini sudah mencapai lebih dari 200.000 lema.

Kemudian saya tertantang untuk menchallenge diri melakukan sesuatu yang dulu saya anggap tidak bisa dan tidak biasa. Yaitu menulis puisi. Yup, selama minimal 10 hari ke depan, saya akan belajar menulis puisi bertema dengan jenis dan ragam puisi yang ada. 

Kadang, saya perlu mendapatkan hiu-hiu kecil untuk kemudian digiring pada hiu besar. Mengapa? Karena dari hiu-hiu kecil itulah, akan membuat saya terus bergerak, belajar dan berbagi. 

Selamat menikmati

  • Sabtu, 20 Oktober 2018

Artikel Terkait

30 Days Book Challenge
30 Days Book Challenge
Sistem Operasional Terpadu Online
Sistem Operasional Terpadu Online
Berbagi Kebahagiaan
Berbagi Kebahagiaan
Mari berkomunitas
Mari berkomunitas
Saat maut menjemput
Saat maut menjemput
Semua Anak Adalah Bintang
Semua Anak Adalah Bintang
Dasar pencuri !
Dasar pencuri !
Warteg yang Bikin Wareg
Warteg yang Bikin Wareg

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar