Home / Artikel Ketika Anak Sulit Diatur

Ketika Anak Sulit Diatur

Ketika Anak Sulit Diatur

Resensi Buku Parenting

Kamis, 14 Desember 2017

img-1512986827.jpg


Mak...

Buku ini saya beli saat cah lanang masuk sd kelas satu dan si bungsu masuk TKA. Persis tiga bulan setelah buku ini dicetak oleh penerbit Kaifa, saya beli buku ini di tanggal 15 Mei 2006.  Walau buku lama, tapi isi tak lekang oleh waktu. Percayalah. Saya awalnya mengira bahwa buku ini memang ditujukan hanya untuk orang tua yang pernah atau sedang memiliki anak yang sulit diatur.  Namun ternyata dugaan saya salah. Buku ini tak melulu membicarakan soal anak yang sulit diatur dan bagaimana proses penanganannya. Namun apa pemicu dari anak sulit diatur lah yang juga banyak disampaikan di buku setebal 249 halaman isi ini. 

Simak yuuk salah satu buku favorit saya.


Judul              : Ketika Anak Sulit Diatur

Penulis           : C. Drew Edward, Ph.D.

Halaman        : 249 halaman ini

Diterbitkan     : Penerbit kaifa Februari tahun 2006

Cetakan I         : Februari 2006


C. Drew Edward merupakan seorang psikolog klinis anak yang mengkhususkan diri pada anak-anak ADHD/ADD serta anak-anak yang sulit dikendalikan. Buku ini terdiri dari 12 bab yang akan mengupas banyak hal. Mulai dari ciri anak yang sulit diatur itu seperti apa, bagaimana mengenali perilaku  itu, sampi apada pengelolaan dan praktek kita sebagai orang tua pada anak. Buku ini menggambarkan dari sisi sebagai orang tua dan pendidik atau orang-orang yang ada di sekitar anak. Saat menjadi orang tua, kita akan dituntun mengenai bagaimana sebetulnya pola asuh yang tengah kita lakukan pada anak. Dari sini kita akan dipandu untuk dapat melakukan bimbingan terstruktur pada anak, menggunakan program ekonomi-rumah, begitu Ia menyebutnya.  Program ini telah dicoba di banyak anak, terlihat dari progressnya grafik yang diperlihatkan di buku ini.


Buku ini pun memberikan ragam contoh dan program yang bisa kita lakukan di rumah. Praktekkan, dan kita akan menemukan mana program yang cocok dengan tipikal anak kita. Seru saat mendampinginya. Tak hanya anak yang belajar, orang tua pun dituntut untuk lebih memahami dan mampu bersikap konsisten. Ini yang butuh perjuangan. 


Yang menarik buat saya, di buku ini diberikan solusi pilihan bila saat kita sedang praktek, tetiba ada 'gangguan' seperti anak menolak untuk disiplin. Ada beberapa contoh tabel yang bisa kita gunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan yang telah kita lakukan bersama anak. 


Di akhir bab, ia menutupnya dengan kalimat yang menohok. "Jangan pernah menunggu masalah menjadi serius, baru Anda meminta tolong. berlatih, berlatih dan berlatihlah. Karena apapun yang Anda  coba, semua orang akan mendapatkan manfaat dari kerja keras Anda, baik itu Anda sendiri, anak Anda dan orang lain dalam hidup anak Anda."


Buku ini saya sangat rekomendasikan untuk orang tua yang memiliki anak di bawah 16 tahun. Bahasanya sederhana sekalipun ditulis oleh psikolog anak dan berasal dari buku terjemahan. Kepustakaannya luarbiasa banyak dan lengkap. Ini artinya, sang penulis tidak main-main dalam membuat buku ini. Beberapa cara dan metodenya masih saya gunakan hingga saat ini. Mungkin ga ada salahnya membuka buku-buku jadul Anda, mak. Mungkin beberapa masih bisa kita gunakan ilmunya hingga saat ini. Percayalah, tak ada yang sia-sia.


Ini adalah camilan saya 3 hari ke belakang, saya perlu merefresh diri tentang anak yang sulit diatur. Tergelitik setelah ada salah satu kawan bertanya pada saya. Saya langsung ingat tentang buku ini.  

Sstt....ada yang tahu posisi apa yang sedang direcruit seperti gambar di atas?

Komentar

  • Okti Li

    Jum'at, 15 Desember 2017

    Mendidik anak memang tidak mudah. Orang tua harus tahu tidak bisa hanya menyalahkan guru. Penasaran saya juga dengan bukunya...

  • Okti Li

    Jum'at, 15 Desember 2017

    Jadi penasaran sama bukunya. Mendidik anak memang tidak mudah. Orang tua tidak bisa hanya menyerahkan atau menyalahkan kepada guru.

  • ika pratidina

    Sabtu, 16 Desember 2017

    betul mba okti, guru dan orangtua itu partner pendidikan. bekerja sama demi anak

  • ayahblogger

    Sabtu, 16 Desember 2017

    wah penting banget nih buku seperti ini. Biar tahu mendidik anak dan tahu kondisi si anak

  • ika pratidina

    Sabtu, 16 Desember 2017

    Betul, karena mendidik anak perlu referensi dan praktek ya. hehehe terima kasih sudah berkunjung

  • Chusna

    Minggu, 04 Februari 2018

    Huhuhuhu.. ngubek2 inet dari kapan lalu buat nyari buku ini mbaaak... nggak ketemuu yg jualnya.. 😢😢 Dah lama banget kali ya bukunya. 😥😥

  • ika pratidina

    Minggu, 04 Februari 2018

    Mba chusna...saya pernah coba nyari buku lama kek gini ke penerbitnya langsung mba... bisa dicobaaa

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial