Home / Artikel Melihat sisi lain anak-anak gifted

Melihat sisi lain anak-anak gifted

Melihat sisi lain anak-anak gifted

Resensi Buku Parenting

Selasa, 14 Agustus 2018

img-1534211630.jpg


Mak,

Ini buku rekomendasi saya berikutnya. Isinya ga cuma daging tapi banyak sekali bumbu pelengkapnya. Puas bacanya. Beneran. Ibarat kalau makan, ga hanya menu utama yang tersaji, tapi ada pembuka dan penutupnya. TOP. 

Bahasa yang digunakan sangat sederhana. Mudah dimengerti. Buku setebal 264 halaman (belum kata pengantar ketjehnya yaa) bisa menjadi pilihan teman duduk yang menyentuh. Dari kacamata berbagai macam latar belakang orang tua, kita bisa memahami bagaimana mereka pun belajar dari anak-anak ini. Termasuk saya, sebagai pembaca.

Sebagai orang tua atau sebagai seorang guru, saya jadi semakin terbuka, bahwa Allah betul-betul menitipkan anak pada kita itu pasti dengan satu tujuan. Prosesnya bermacam-macam, jalannya juga nano-nano. Dan hebatnya lagi, Allah Maha Tahu bahwa setiap kita mampu melewati itu dengan lika liku prosesnya.

Jujur, mata saya semakin terbuka seperti apa dan bagaimana anak yang dianugrahi kehebatan ini saat mereka bersosialisasi. Bagaimana mereka hidup di antara kita. Bagaimana hebatnya mereka bersama para orang tua hebat yang akhirnya menuliskan kisah kerennya dalam antologi anak gifted.

Buku ini dibuka dengan penjelasan detil banget, tentang apa itu anak gifted.  Ini yang saya bilang daging. So deep and clear, mak. Baca deh. Melek banget! Wajib dibaca oleh para orang tua dan pendidik. Saya makin mengerti sedikit seperti apa ciri anak gifted, bagaimana mendeteksinya, apa yang harus dilakukan diawal saat tahu mereka itu keren. Mungkin kalau sekarang mencari tahu apa dan bagaimana anak gifted itu sudah banyak referensi yang bisa kita dapatkan, banyak komunitas yang bisa kita ikuti, banyak pilihan ahli yang mau kita sambangi. Kebayang, dulu, 5-10 tahun yang lalu, informasi tentang anak-anak spesial ini pasti sulit mencarinya. Belum banyak informasi seperti halnya sekarang. Tempat-tempat terapi atau sekolah-sekolah yang menerima anak-anak spesial. Maka buku ini mungkin bisa menjadi salah satu bagian yang bisa memberikan kita sedikit pengetahuan tentang anak-anak spesial itu.

Ditambah lagi, halaman-halaman berikutnya, sebelas orang tua hebat berbagi kisah luar biasanya saat mendampingi anak-anak gifted tumbuh dan berkembang. Banyak cerita-cerita yang bikin saya kadang menahan nafas, kagum, terharu dan ikut bahagia. Sebuah refleksi kehidupan saat mendampingi anak membuka hati dan pikiran saya. Dari cerita yang disajikan, mampu menjadikan, seolah-olah saya adalah mereka. 

Bayangkan, bila buah hati Anda hilang di area perumahan kita sendiri karena ditinggal menoleh barang beberapa detik. 

Rasakan bagaimana kalutnya seorang ibu saat buah hati ditolak beberapa sekolah karena sekolah tak tahu harus bagaimana memperlakukan anak-anak hebat ini. 

Bayangkan saat tak hanya anak yang dibully, tapi orang tua pun demikian dibully dengan ucapan nyinyir orang tua lain yang tak mau mengerti kehebatan anak gifted ini. 
 
Satu hikmah yang bisa saya ambil adalah. Dampingi anak-anak kita, catat tumbuh kembangnya, segera cari tahu begitu ada yang tak biasa pada anak kita. Karena kitalah sesungguhnya psikolog untuk anak-anak kita. 

Di buku antologi ini kita akan belajar bagaimana menghadapi situasi saat anak bertingkah laku luar biasa hebat. Mampu melakukan lompatan perkembangan dari usia sesungguhnya. Mampu melakukan sesuatu yang mungkin seharusnya dilakukan oleh anak-anak jauh di atas usianya saat itu. Mampu menjelaskan dengan sangat detil akan sesuatu. Bahkan mungkin sampai terobsesi akan hal itu. Atau pun memiliki kecerdasan-kecerdasan lain yang sangat menonjol untuk usia sesungguhnya. 

Ah, terima kasih untuk yang sudah menuliskan antologi ini. Saya percaya, bahwa setiap anak betul berbakat, setiap anak itu unik. Dan dari kehebatan dan keunikan itulah kita harus terus mengasahnya sampai mencapai kekuatan potensi tertentu. Kita? iya kita, kamu dan aku.

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial