Membuat Font di Status Facebook Lebih Menarik

"Ilmu itu ada dua macam : apa yang diserap dan yang didengar.

Yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap."

Ali bin Abi Thalib


Sst... sudah tahukah kalau facebook itu sudah banyak banget penambahan fitur-fitur keren? Terutama saat kita menuliskan status di FB pribadi. Tulisannya bisa ditebalkan, miring, membuat judul, heading satu dan heading dua juga bisa diberi penomeran. Persis seperti kita menuliskan di FB group sebagai admin. Kok bisa begitu? Bagaimana bisa? Ada caranya ya? Menggunakan aplikasi tambahan apa? Nah, kita obrolin yuuk di sini.

img-1589157522.jpg


Saya baru sempat cerita setelah saya mencari tahu mengapa itu penulisan status di fb pribadi saya bisa berubah gitu. Jadi mohon maaf bagi yang kemarin-kemarin sempat bertanya, belum berani saya jawab. Saya angkut aja ceritanya di sini ya biar ga hilang ditelan bumi. Atau mungkin suatu saat butuh informasi ini, mamak bisa silaturahmi ke http://azkail.com/


Sebetulnya ya, saya pun baru tahu tiga hari yang lalu saat akan nulis di status fb pribadi. Lah kok ada fungsi penulisan yang muncul layaknya saya mau menulis di FB Group yang saya sebagai adminnya. Sampai saya keluar dulu untuk mengecek apa benar itu fb pribadi atau di group.

Ini tampilan pertama kali di FB pribadi saya:


img-1589157974.jpg


Saya mengira teman-teman saya pun akan mendapatkan pembaharuan yang sama. Tapi ternyata ga semua. Hahaha. Jujur aja saya juga ga tahu kenapa loh. Karena setelah saya coba nulis status di aplikasi FB di ponsel, ya biasa aja, ga muncul settingan penulisan seperti saat saya nulis melalui leptop. Ok, faktanya di kasus saya seperti ini :


1. Melalui leptop

Seperti ini tampilannya sebelum saya menulis. Ada setting-an yang bisa kita pilih di kiri tulisan pada badan FB. Ada untuk menebalkan, memiringkan kata, membuat poin-poin, heading satu heading dua dan membuat quote. Bisa juga langsung membuat paragraf yang agak jauh antar baris. Yang kalau sebelumnya, bisa mepet banget antar barisnya kalau ga dikasih emot atau titik jeda. Dan ini hanya bisa muncul bila menggunakan leptop atau PC sampai detik ini.


img-1589158100.jpg


Kalau status yang sudah saya upload pertama kali, tahu siih, ada settingan tulisan lalu mau saya edit melalui leptop. Maka akan muncul seperti ini di layar:


img-1589158327.jpg


Unik ya, ada kode dan tanda bintang-bintang gitu. Tapi ternyata beda loh saat saya menulis status berikutnya dan berikutnya dengan settingan yang sama. Saya mau edit, lah munculnya kayak gini:


img-1589158701.jpg


Dan selanjutnya dan berikutnya setiap akan edit status yang sudah setting tuh, seperti tampilan di atas. Tampilan edit postingnya tidak lagi seperti edit-an yang pertama yang banyak bintang. Mungkin sudah beradaptasi apa yak. Hahaha. Ini mah jawaban pake perasaan saya banget ya. Saya belum nemu jawabannya. Kali aja ada temen-temen yang tahu, gituuuh.


2. Dari Ponsel (aplikasi FB, bukan FB Lite)

Nah ini yang membingungkan saya. Saya ga bisa melakukan hal yang sama kalau mau menulis status yang tulisannya ditebal miringkan bila menggunakan ponsel. Tampilannya ya seperti biasa kalau dulu mau nulis status. Ga ada icon untuk setting tulisan di kiri atas status seperti tampilan leptop. Ini tampilannya:


img-1589158801.jpg


Yang menarik adalah saat saya iseng mau edit status yang berhasil di setting miring tebal melalui ponsel. Lah malah kek gini yang muncul, sodara-sodarah. Banyak banget bintang-bintangnya.  Saya iseng hilangkan satu bintang, ya ga jadi miring itu tulisan. 


img-1589158966.jpg

Saya coba menggunakan kode bintang-bintang kemudian di status baru melalui ponsel. Bisa? Enggak! Hahaha.

Jadi mohon maaf bila tulisan ini

ternyata tidak memberikan jawaban yang diinginkan.

Taaapiiii...


img-1589159145.jpg


Kemudian kekemalan (KEpo maksiMAL) saya berlanjut doong. Saya berselancar mencari tahu, kenapa bisa begini. Kenapa begitu. Tapi dari yang saya baca dan tonton tuh, hanya aplikasi FB lite yang bisa dimainkan tulisannya, bahkan bisa gonta ganti warna. Penasaran dong sayaaa. Tak donlot lah itu FB lite. Tak coba dengan menggunakan kode seperti ini  diawal huruf sebelum nulis status :

img-1589162040.jpg


Berhasilkah di FB lite saya?

Enggak juga! Hahaha. 


Tenaaang, saya tak akan membiarkan mamak-mamak sedih dan kuciwa. Akhirnya saya cari cara lain, pasti ada jembatan penghubung antara FB dengan tulisan yang bisa dimainkan menggunakan aplikasi lain. Dapet lah saya. Dan ini jauh lebih unik lebih seru. Ciyus, cobain maak. Gini caranya:


1. Masuk ke sini ya 

Tenang, ga perlu download. Mamak tinggal klik aja langsung diarahkan ke websitenya. Web ini membantu kita untuk membuat tulisan menjadi unik dan berbeda dari biasanya. Maka ini tampilannya ;


img-1589159470.jpg


2. Ketikkan apa yang mau kita tulis nanti di status FB kita. Seperti yang saya contohkan di atas ya.


3. Lalu pilih satu dari aneka rupa tulisan yang ada di kolom kanan, Copas ke kolom kiri. Pilihan tulisannya buanyuak buanget. Dijamin bingung deh. Saran saya sih, yang tetap mudah dibaca ya.


img-1589159543.jpg


4. Setelah bentuk font sudah dipilih, copy kan tulisannya. 

5. Lalu paste di status FB kita. 


img-1589159627.jpg


6. Selesai deh. Ups, ini tampilan Facebook saya setelah dimainkan bentuk fontnya.


img-1589165203.jpg


Gimana...gimana...

Oia, kalau sudah ada yang menemukan cara lain, boleh banget cerita di kolom komentar ya, biar saya belajar juga.


Stay safe and healthy ya, maaak.


Kategori
Tips Ketjeh

Artikel Terkait

Komentar

  • Yani, si ibu peri Senin, 11 Mei 2020

    Mamak kuaci de bes lah. Matur thankkyu Yo mbakyu Lingo jam aku udah pernah coba, males bolak-balik jendela ha...ha .. Kayaknya hanya orang yang banyak amal yang beruntung bisa nyobain fitur terbarunya om mark

    • avatar
      Admin Selasa, 12 Mei 2020

      haaii ibu peri kuuu satu lagii, kalau mau pakai perubah font, pilih yang bisa dibaca. Ojo sing urek-urek. khawatir tambah plus matanya. hihihi btw, fitur terbarunya semoga segera mendarat ya di fbnya ibu peri

Tambahkan Komentar