Pilihan Aktivitas Multiple Intelligences


Kadang suka bingung untuk memilih alternatif bermain dengan anak-anak yang produktif. Apa ya permainan seru yang bisa dinikmati tak hanya oleh anak tapi juga orang tua? Aktifitas apa ya yang juga bisa mengenalkan anak tentang agamanya? Nah, buku ini bisa menjadi referensi berkegiatan nih bareng sama anak-anak. Sudah pernah baca buku ini kah?


Jujur, buku ini saya beli waktu itu, karena mendapat pertanyaan dari si sulung, "Emang Allah itu ada di mana, Bun? Kok ga kelihatan?" Penjelasan menggunakan rangkaian kalimat untuk anak usia dini, tak banyak nempel dibandingkan melalui aktifitas dan penjelasan. Maka kami memilih untuk mencari aktifitas yang bisa membantu menjelaskan dan menjawab pertanyaannya plus mengunci dengan beberapa kalimat setelah berkegiatan itu. Tapi apa kegiatannya? Nah, buku ini membantu kami menjawab salah satu pertanyaan si sulung kala itu. Dan ternyata, tak hanya permainan yang menjelaskan bahwa Allah itu ada, namun permainan bahwa Allah maha melihat, maha berkuasa, mengenalkan nama malaikat, Rosul, bicara tentang bersedekah, berpuasa, berwudlu hingga ragam akhlaq pun ada di buku ini. 


Mengambil cara belajar multiple intellegences (MI), Ariany Syurfah, sang penulis, berusaha memberikan banyak sekali pilihan aktifitas seru yang mengajarkan tentang hal mendasar dalam agama Islam. Permainannya sederhana, bahan-bahan yang disiapkan pun banyak dan mudah ditemui di sekitar rumah. Yang menarik, setiap permainan, diberikan penjelasan bahan, tujuan, media yang harus disiapkan serta bagaimana cara memainkannya. Lalu ditutup dengan memunculkan MI apa saja sih yang ada dalam permainan itu. Di banyak aktifitas pilihan yang ditawarkan, terselip ayat-ayat al quran dan atau hadist yang bisa menambah referensi orang tua saat menutup kegiatan bersama anak. 


Buku setebal 168 halaman ini diterbitkan oleh Syaamil, September 2007. Buku yang saya beli satu tahun berikutnya. Walau terbitan lama, tapi isinya masih bisa dijadikan alternatif kegiatan bersama anak. Cocok dibaca dan digunakan untuk orang tua dan pendidik yang memiliki anak atau siswa usia dini hingga sekolah dasar.


Jadi, tak perlu lagi bingung terkait ragam kegiatan bersama anak ya. Buku ini salah satu yang bisa membantu kita untuk mengikat bonding dengan anak melalui permainan yang produktif.


img-1574377455.jpg

  • Kamis, 21 November 2019

Artikel Terkait

7 Kesalahan terbesar orang tua
7 Kesalahan terbesar orang tua
Begini Seharusnya Mendidik Anak
Begini Seharusnya Mendidik Anak
Heidi Gadis Kecil yang Mendunia
Heidi Gadis Kecil yang Mendunia
Melihat sisi lain anak-anak gifted
Melihat sisi lain anak-anak gifted
Torey Hayden-Kevin
Torey Hayden-Kevin
Mengupas Buku Tentang Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital
Mengupas Buku Tentang Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital
Mengapa Talent Mapping
Mengapa Talent Mapping
Mengajar seperti finlandia
Mengajar seperti finlandia

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar