Apa Sih Crowdsource Google

Saya punya mainan baru rasa lama.


Beberapa minggu ke belakang ini, saya punya mainan baru yang bisa jadi selingan. Selingan saat nunggu gilingan cucian, atau saat nunggu sate ayam mateng. Ga serius-serius amat sih maininnya. Tapi seru aja gituuu. Aktivitas yang terlihat receh tapi ternyata ada dampak lain untuk membantu dengan cara sederhana.


Google, sebagai salah satu mesin pencari terbesar, memiliki buanyuak sekali foto-foto unggahan. Tak hanya foto atau gambar, tapi informasi dan sejenisnya juga yang tersebar di seantero dunia. Informasi itu bisa kita dapatkan dengan mudah saat mencari di mesin pencari google. Nah, mesin pencarinya membutuhkan orang-orang yang bisa membantu mengidentifikasi agar bisa dengan mudah ditemukan di mesin pencariannya google saat kita mencari foto, kata atau informasi tertentu. Misalnya, kita sedang butuh informasi gambar botol. Maka nanti setelah kita ketik tulisan bottle, dalam hitungan detik, akan muncur jutaan gambar botol yang dimaksud. 


Oleh google, dijadikan sebuah aplikasi permainan yang bisa membantu mesin pencarinya google dalam mengidentifikasi. Sa ae ya. Mereka melibatkan kita yang demen main gini. Idenya keren. Karena judulnya akan membantu di mesin pencarian google, oleh mereka, permainannya dibuat mengasyikkan. Layaknya sebuah permainan, maka ada reward-reward tertentu kalau kita sudah mencapai level tertentu. Nah, asyiknya, di level-level tertentu ini, kita bisa bergabung, berkenalan dan mengadakan banyak kegiatan online dan offline. Saling kenal dengan sesama pengguna aplikasi ini di seluruh dunia. 


Karena memang ada kebutuhan google juga didalamnya, maka para penggunanya pun dikumpulkan ke dalam sebuah grup khusus yang bisa saling support satu sama lain. Di wadah itu juga beberapa kali diinformasikan beberapa kegiatan online yang bisa dihadiri oleh seluruh pengguna aplikasi dari seluruh dunia. Pertemuan onlinenya ya menggunakan fasilitas google dong. Seperti google meet gitu.Dari berbagai negara memperkenalkan budaya, makanan dan sebagainya kepada peserta lain. Seru ya. Itung-itung latihan boso londo, mak.


Awalnya saya iseng aja, apaan sih ini aplikasi? Sepertinya saya pernah tau logonya, tapi ga ngerti fungsi dan maksudnya seperti apa. Setelah salah satu sahabat saya memajang pemberitahuan top contribution di wall medsosnya, saya pun kepo. Browsing trus tertarik deh. Lalu saya ikutan ke dalam undangan yang disampaikan di wall pribadinya itu.


Udah cerita panjang kali lebar gini, sebetulnya, apa sih nama aplkasinya?


Yes.. mamak bisa cek dan langsung download di sini ya. 

Enaknya sih donlot langsung aplikasinya di google play store gitu. Karena lebih mobile dan banyak pilihan mainannya dari pada via website. 


Ada apa saja di CrowdSource (CS) ?

Karena ini permainan, maka ada beberapa pilihan yang bisa kita mainkan untuk mengidentifikasi sesuatu. Apa saja pilihannya. Tampilannya seperti apa kalau vila mobile? Ini dia:


img-1616163339.jpg


Kalau tampilan di layar ponsel saya, ada 8 pilihan permainan yang bisa kita mainkan. Mulai dari mengidentifikasi gambar, menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana, translet bahasa, aplot foto ke aplikasi CS ini. 


Saya ambil contoh kalau kita memilih image Label Verification ya, seperti apa sih 'dalemannya'.


img-1616164019.jpg


Ada banyak sekali kategori yang bisa kita pilih di sini. Kita hanya diminta untuk mengidentifikasi, apakah gambar yang dimunculkan itu, betul masuk kategori burung, misalnya. 


img-1616164099.jpg


Buat mamak yang suka jalan-jalan, foto makanan, foto area tertentu saat travelling, aplikasi ini cocok banget loh. Kita bisa ikut memperkenalkan pada dunia tentang apa yang kita aplot tadi ke mesin pencari google. Berbeda dengan kontributor pada google maps saat kita mereview produk atau lokasi tertentu. Beres review, selesai. Tapi kalau CS ini, selain ada levelingnya, juga ada wadah para pengguna yang bisa saling berbagi informasi terkait negara masing-masing. 


Apa saja sih manfaat download aplikasi CS?

Manfaatnya? Owh, walau saat saya menulis ini saya sudah berada di level 10, ada beberapa manfaat baik yang saya dapatkan sih, ini di antaranya ;


1. Melatih bahasa Inggris

Yes, beib, semua instruksi, penjelasan dalama bahasa Inggris. Walaupun bisa disetting menggunakan bahasa Indonesia. Tapi kalau tidak menchallenge diri untuk naik kelas, kita ga akan banyak belajar hal baru yekaan.  Tetap gunakan settingan berbahasa Inggris, Pilih permainan translete, seru. Banyak percakapan sehari-hari yang bisa kita mainkan di situ. Dan juga, lingkaran pertemanan juga mengglobal menggunakan bahasa inggris dalam percakapan di FBG nya. Jadi, kalau yang suka aktif dan ingin dapat pengalaman seru terkait berbahasa, terbantu laah.


2. Pilihan lain dalam beraktivitas

Yup. Ada pilihan lain saat jenuh. Kalau buat saya, main yang ga pake mikir bisa menjadi salah satu alternatif. Ada pilihan aktivitas antar aktivitas rutin urusan domestik di rumah. Sederhana sih, saya main aplikasi ini saat ada jeda di antara giling cucian dan ngrebus masakan. Atau saat menunggu antrian dan sebagainya.


3. Banyak teman baru

Yess. Saya mendapatkan keluarga baru dari latar belakang berbeda. Untuk yang sudah mencapai level tertentu, Indonesia memiliki wadah supportnya melalui WAG. Jadi kami satu sama lain saling dukung untuk melakukan kontribusi. Temannya ga hanya dari Indonesia, dari seantero dunia juga ada wadahnya di FBG.


4. Beberapa kegiatan dukungan di online

Ini biasanya ada sesi berbagi dan berkumpul dari berbagai negara yang menggunakan aplikasi CS ini. Walau saat itu saya belum berkesempatan hadir, karena waktu yang bersamaan dengan kegiatan lain, saya ikut menyimak obrolan teman-teman. Keren karena bisa mengenalkan budaya Indonesia pada teman-teman lain dari berbabagi negara secara online.


Sejauh ini sih, saya cukup menikmati dan ga ngoyo juga untuk mencapai level tertentu. Karena lagi-lagi, kembali ke gadget screen time yang kita miliki. 


Ada yang sudah pernah mencoba aplikasi ini?


Kategori
Cerita Emak

Artikel Terkait

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar