Cara Asyik Belajar bersama Orang Lain

"Jika kau menginginkan sesuatu dalam hidupmu yang tak pernah kau punya. Kau harus melakukan sesuatu yang belum pernah kau lakukan." -JD Houson---Kutipan itu selalu terngiang dan menari-nari di kepala saya saat ada target yang ingin dicapai. Kadang ya, kalau tantangan untuk naik kelas itu datang pas berbarengan dengan PMS tuh bikin gemes deh. Kan jadi tambah ra karuan gitu rasanya. Apa lagi kala[...]

Begini Caranya Fokus Pada Tujuan

"Sekedar memiliki target saja tidaklah cukup. Barengi dengan mental baja, pantang menyerah, fokus, fokus dan fokus pada tujuan"-Andrie Wongso Pernah ga sih kita tuh pengen ini, mau itu? Kepengen bikin ini dan itu selama sekian waktu gituuu. Bahkan pernah bikin wish list biar segera kesampean itu keinginan. Tapi ternyata di tengah jalan, ketika godaan lain datang yang jauh lebih menarik, kit[...]

Tahap Dua Mentorship Kelas Bunda Cekatan

“Sahabat adalah seseorang yang bisa memberikan pelajaran, yang tak kamu dapatkan dari sekolah mana pun” Perjalanan kelas bunda cekatan beneran bikin saya harus makin cekatan. Setelah minggu lalu dengan keseruan menemukan mentor dan mentee. Belajar merasakan serunya menemukan teman dan sahabat baru melalui dunia maya, melalui kelas bunda cekatan. Yang saya cari adalah yang memiliki keterampilan[...]

Serunya Menikmati Fitur Baru di Facebook

Pembelajaran tidak didapat dengan kebetulan. Ia harus dicari dengan semangat dan disimak dengan tekun.-Abigail Adams- Ada yang berbeda di tahap terakhir dari kelas bunda cekatan kali ini. Setelah perjalanan di tiga tahap sebelumnya kami dituntun membuat semacam roadmap, mengupas mulai dari apa kekuatan diri, lalu apa yang ingin dipelajari. Hingga tiba saatnya sekarang mempraktekkan apa yang sud[...]

Belajar Konsisten dan Komitmen Jilid Akhir

Tidak ada jaminan kesuksesan tapi tidak mencobanya adalah jaminan kegagalan. Ya, selama ini, kita hidup berdampingan dengan kemudahan teknologi setiap saat.  Kemudahan yang sering membuat saya lalai dan menunda banyak hal. Entah itu pekerjaan di rumah atau akhirnya membuyarkan hobi yang biasa dilakukan. Semua informasi dan fleksibilitas akses kita bergerak, ada dalam satu jari. Mulai dari pencari[...]

Belajar konsisten dan komitmen jilid 3

Yippy....Hari ini saatnya berbuka puasa. Sudah masuk minggu ke tiga nih saya puasa. Puasa apa mak? Puasa dengan mengurangi untuk membuka platform whatsapp dan facebook. Oia, saya pernah cerita tentang apa dan mengapa saya butuh berpuasa di sini ya.  Masuk minggu kedua, saya sudah mulai terbiasa, walau masih lebih dari 1,5 jam per hari tapi otot dan otak saya sudah mulai bisa diajak kerja sama. D[...]

Belajar konsisten dan komitmen jilid 2

Saatnya saya belajar dengan ceu KOKOM. Aiih, mohon maaf yang bernama serupa ya, itu hanya sebutan yang saya gunakan untuk reminder diri sendiri saat belajar untuk KOnsisten dan KOMitmen akan sesuatu. Jadilah saya menyebutnya dengan KOKOM. Kenapa pulak ada ceu nya? Ya karena lagi ada di Bogor, Jawa Barat, jadi aja tak panggil sekalian dengan sebutan ceu kokom. Sesederhana itu siih.  Buat saya, men[...]

Belajar Mengurangi Satu Kebiasaan Yang Mengganggu

“Diantara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.” (Tarmidzi-al Hadist) Hadist di atas selalu menjadi pengingat saya manakala semangat mulai turun, hati dan pikiran mulai oleng. Ada saja godaan dan tantangan datang. Tiba-tiba terpikir, ini ada yang salah, ada yang harus diperbaiki, ada yang ga bener. Entah berapa banyak hal yang ga sesuai dengan yang direncanaka[...]

Serunya 30 Hari Ikut Tantangan Menulis

Write no fear-Edit no mercy Menulis buat saya adalah kebahagiaan berikutnya selain makan coklat. Nikmat banget yang kadang bisa membuat saya harus patuh pada alarm ponsel untuk berhenti. Tak hanya belajar merangkai diksi tapi bagaimana kemudian rangkaian itu bermakna dan bermanfaat buat keluarga dan orang banyak yang tak terbayar kenikmatannya. Maka saat menulis, menulis saja, jangan menengok k[...]

Hadiah Inilah Yang Dibutuhkan di Kelas Bunda Cekatan

Tahap belajar kali ini di kelas bunda cekatan IIP menarik, seru. Pertengahan semester sudah dilalui. Saatnya meluruskan badan, bercengkrama dan berbagi kebahagiaan dengan orang yang kita inginkan. Setelah melakukan perjalanan selama tiga bulan, minggu lalu kami diminta untuk rehat dan merefleksikan sejenak atas apa yang telah direncanakan dan dilakukan. Setiap perjalanan itu perlu adanya pit stop [...]