Artikel Populer

Ensiklopedia Sepak Bola

Ensiklopedia Sepak Bola

Admin Senin, 12 November 2018 Resensi Buku Anak
Ensiklopedia Sepak Bola

"Buku adalah jembatan ilmu yang menghubungkan pengetahuan dan kehidupan nyata." NN

Anak Anda suka main bola?

Atau pecinta pemain bola tertentu?

Anak Anda juga hafal nama pemain-pemain bola dalam dan luar negeri?

Faham istilah-istilah per-sepak bolaan juga ?

Suka nonton bola bareng ayah atau temannya saat pertandingan bola di televisi?

Rela ga  jalan-jalan demi nonton pertandingan bola di televisi?

Kalau pun jalan-jalan, di jam tayangnya, mereka makan di restoran, lalu streaming atau minta pemilik restonya mengganti channel  bola?

Daaaaan, sebagai emaknya, Anda ga faham apa yang mereka diskusikan saat ngomongin bola?

Ya Allah, maaak, sama banget sama saya kalau gituuu. *sambil ngekek guling-guling

----

Emang dasar emak-emak yang ga suka bola, mau dijelaskan panjang kali lebar berkali-kali sama anak dan suami juga belum dong ya, mak. Masuk kuping kanan berusaha dicerna baik, eeh malah keluar kuping kiri. Itu masih mending lah ya, ada yang masuk informasinya. Akhirnya, ketemulah saya di kondisi yang ayahnya tugas luar dan di minggu itu berjajar jam tayang bola. Saya diminta nemenin si sulung nonton bola. Ok, nemeninnya ga masalah. Tapi horor kemudian datang, saat sepanjang hari, si sulung ngajak ngobrol soal per bolaan sama saya, manggut-manggut demi menghargai obrolannya. Yang bikin saya sedih adalah, saya ga bisa ngimbangin diskusinya tentang bola. Ada pertanyaan-pertanyaan yang menurut saya sepele, tapi saya ga  bisa jawab. Misal,

"Bund, pelatih Tim *menyebut nama tim sepak bola luar negeri yang saya pun lupa, itu kenapa pemain bernama si A kan dia bagus ya,*sambil menyebutkan nama gerakan bolanya, dia jago di situ, kok diganti sama si B yang *lagi-lagi menyebutkan istilah per sepak bolaan, kenapa ya bun?"


Dan pertanyaan seputar bola lainnya yang bikin saya gemes karena saya ga bisa ngimbangin diskusinya. Akhirnya saya cari buku yang super lengkap, yang bisa bantu saya, terutama, untuk jadi lawan diskusinya tentang bola saat ayahnya tugas luar. Kenapa saya memilih buku? Karena benda bersahabat yang bisa dibawa kemana-mana, siap saya ajak diskusi dan tanya-tinyi plus jadi bahan diskusi adalah buku. 


Ketemulah saya dengan buku Ensiklopedia Sepak Bola. Buku yang baru saja diterjemahkan saat itu, saya beli saat cetakan pertamanya, fresh from the oven. Ensiklopedia yang terdiri dari 5 jilid ini super duper lengkap. Buku yang selalu menemani kami kalau sore dan malam hari selama seminggu tayangnya pertandingan sepak bola di televisi saat itu, 8 tahun yang lalu. Ensiklopedia ini memuat tentang 5W 1H. Detil sekali penjabarannya. Mata saya makin melotot membaca ensiklopedia ini, kadang bikin cenut-cenut juga karena butuh membiasakan istilah per sepak bolaan, tapi secara keseluruhan, up date informasinya. Buat orang yang nol kosong soal per sepak bolaan macem saya, ensiklopedia ini amat sangat membantu. Buku yang di setiap jilidnya masing-masing setebal sekitar 150 an halaman. Ukuran font yang nyaman di mata, ilustrasi foto dan gambar nyaris hidup, full colour. Saya saja suka dan nyaman bacanya, apalagi anak-anak. Layaknya sebuah ensiklopedia, hard cover menjadi salah satu kelebihannya. Cover buku dengan ilustrasi dan warna yang menarik, sedap di mata karena kebetulan warna hijau menjadi warna dominan buku ini.


img-1542023563.jpg


Kali ini, tampak luar memang seindah isinya, mak. Penerbit PT Lentera Abadi berhasil memegang hak cipta untuk diterjemahkan dan diperbanyak sejak pertama kali buku aslinya terbit, yaitu tahun 2011. Data yang disampaikan dalam ensiklopedia pun terakhir di tahun 2010. Artinya betul-betul up date saat saya diskusi dengan si sulung saat itu. Mungkin kalaupun sekarang sudah dicetak ulang, akan ada pembaharuan isinya. Entahah. 


Membaca buku ensiklopedia itu harus pelan-pelan, sambil dicermati, jangan lupa jadikan bahan diskusi dengan anak. Daan tahukah, mak? saat itu, satu minggu 5 jilid itu habis dilahap si sulung bersamaan dengan habisnya masa tayang per sepak bolaan di televisi. Saya ingat saat mau tanding club *lagi-lagi saya ga familiar namanya. hehehe. Kami berdiskusi sambil buka ensiklopedianya. Dan si sulung pun menyambungkan data yang pernah ia baca dengan yang sedang ia tonton. Yang saya heran, anak sekarang itu bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Ya nonton televisi ya baca buku. Saat  jeda menit pertandingan, itu digunakan untuk membahas tentang seluk beluk clubnya, yang kadang sambil pegang buku nunjuk ini itu.

Jadi, 5 jilid itu selesai dalam satu minggu. Uwow saya. Yang saya rasakan saat pintu ilmu kekepoan anak datang bersamaan dengan konteksnya, anak akan dengan sangat mudah menyerap ragam informasi. Belum lagi informasi yang pada dasarnya memang sangat disukai. Maka, seperti saat saya makan coklat atau kuaci, buku itu akan dengan sangat lahap ditelan. Ini dia tampak isi ensiklopedianya :


img-1542024111.jpg

Seru kaaan tampilan isinya.



Belum lagi dengan daftar isinya, bener-bener paket lengkap. Pada jilid satu, ini nih daftar isinya. Mulai dari asal usul sepak bola, ragam sepak bola yang ada di dunia, bagaimana sepak bola dimainkan, segala ngupas sepatu, kaus dan gaya rambut pemain cobaaa. Ada juga menceritakan tentang kerja sama tim, manajer dan pelatih. Dan yang ga kalah penting, menjelaskan tentang keterampilan individu terkait istilah-istilah persepak bolaan yang suka bikin kening saya berkerut. 


Masuk ke jilid 2

Bicara tentang planet sepak bola konfederasi FIFA, aneka club bola, mulai dari club Eropa, Amerika selatan, Amerika utara hingga Asia. Setiap area tersebut pun dikenalkan ragam stadion di masing-masing negara. Baca ensiklopedia sepak bola ini berasa lagi jalan-jalan antar benua. Full photo, full colour.


Masuk ke jilid 3

Banyak mengupas tentang aneka kompetisi, piala dunia di berbagai negara mulai dari piala dunia di Uruguay 1930 sampai Arfika selatan 2010. Lalu masuk penjelasan tentang piala eropa, liga champions, AFC, UEFA. Nah di sini saya sedikit-sedikit nyambung nih, kenapa nyaris setiap bulan selalu ada pertandingan sepak bola. Ternyata yang nggelar pertandingannya beda-beda. ya iya laaah.


Masuk ke jilid 4

Di jilid ini kita akan disuguhkan dengan detil penjelasan tentang kejurnas PSSI mulai dari awal dilaksanakan tahun 1951-1994, ada liga Indonesia galatama dan sejarahnya, liga super dan kompetisi berdasarkan usia. U-15 dst.


Masuk ke jilid 5

Tips bermain sepak bola mulai dikupas satu-satu, ragam kemenangan dan kekalahan terbesar timnas Indonesia, sea games, olimpiade plus ragam stadion dan club yang ada di Indonesia. Detil mak. Baca deh, ga berasa lagi diceramahin, pemilihan diksinya pun ramah anak, kok.


Jadi kesimpulan saya tentang pengalaman seru per-bolaan adalah memberikan 'makanan' di saat yang tepat dengan 'vitamin' yang pas itu membuat bonding makin erat, ilmu dibagikan cepat meresap lama. Bila dibutuhkan suatu saat untuk di re-call, anak pun masih ingat. Dan satu lagi catatan untuk saya pribadi, saat anak bertanya tentang sesuatu, sebetulnya di situlah saat yang tepat kita masuk dan memasukkan banyak hal kebaikan untuk kemudian menguncinya dengan agama. Anak berada dalam kondisi yang sangat senang yang bila diajak diskusi pun akan jauh lebih mudah dari pada kita yang mulai membuka percakapan dengan anak. Maka, bila waktu itu muncul, segera tinggalkan apapun yang Anda lakukan saat itu, ambil kesempatan baik ini dengan fokus pada anak. Yakin deh, banyak bintang bertaburan saat ngobrol dengan kondisi seperti itu.


Jadi, sudah baca buku apa hari ini?

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Jejaring Sosial

© Copyright 2017 azkail. Oleh Webpraktis.com | sitemap