Mari bercermin



Dulu,

Kala belum menikah

Sudah bekerja pula, alhamdulilah

Gaji sejuta-an dah keliatan berlimpah

Malah udah bisa bagi-bagi jatah


Gaji sejuta-an udah bikin bangga keluarga

Mama dapet juga jatah bulanan dari anak tercinta

Papa senang bukan kepalang saat dibelikan baju kemeja

Adik-adik sudah hepi banget walau baru dapet tas aja


Dulu hanya kerja disuruh ini itu sama bos yang sedikit kejam

Sekedar beresin data dan duduk di belakang meja nyaris berjam-jam

Udah gitu, nyaris ga pernah dikirim ke luar kantor

Pokoknya dah kayak ayam siap bertelor


Ga sampe dua tahun, karir melesat tajam

Dikasih beberapa bawahan yang siap kerja sampe malam

Tanggung jawab juga kadang bikin mata seperti lebam

Efek kerja lembur ampe malam


Gaji bergerak naik menjulang

Hati riang bukan kepalang

Dulu naik kereta untuk kerja pergi dan pulang

Bergeser naik taksi atau mobil online


Jam tangan bisa gonta ganti beli sendiri

Hape pun sudah model masa kini

Tas juga mulai menyesuaikan kondisi

Baju dan jilbab nyaris tak bisa masuk lemari lagi


Hampir setiap minggu 

Sudah bisa jalan-jalan, bareng teman dan tentunya aku

Nyaris makan siang cuma perlu kartu ATM baru

Makannya pun mulai banyak gaya, di resto yang unyu-unyu


Kemudian menikah deh dengan lelaki pilihan

Mama dan papa pun bahagia tak terbantahkan

Suami baik lagi mapan

Mertua senang dapat menantu yang juga berpenghasilan


Gaji berdua seakan semakin berlipat

Kebutuhan pun meningkat

Demi gaya hidup yang terus terlihat

Tanda tangan ke bank untuk top up pun kian berlipat


Punya mobil keren seringnya jadi pajangan

Paling dipakenya di hari Sabtu Minggu doang

Itu pun cuma untuk plesiran

Kadang lanjut jalan-jalan naik pesawat terbang


Dulu nggesek cukup dengan kartu debet

Tapi sekarang berubah ke aneka kartu kredit 

Dulu ga pernah ada tagihan dan bayar target

Sekarang jadi sering ditagih untuk bayar utang di kartu kredit


Ekonomi keluarga mulai dipertaruhkan

Efek gaya hidup yang ga akan pernah berkecukupan

Terbiasa dengan kemudahan namun bablas ga karuan

Kadang bikin kepala nyut-nyut an


Anak dan suami mulai sering sakit

Apa ini efek dari kelakuan ku yang pelit

Pelit berbagi pelit bersedekah walau sedikit

Padahal, sedikit sedekah setiap hari bisa menjadi bukit


Pinjaman dan top up pun mulai melilit

Hati tersadar saat suami dirawat di rumah sakit

Anak-anak bergantian pada sakit

Begitu juga saya, ibu yang mulai tersadar dari penyakit 


Penyakit hati yang tak terperi

Selaluuu saja iri dan dengki

Sudah punya itu tapi masih pengen ini

Tak dinyana Allah selalu memberi


Allah memberi itu adalah bukti

Bukti bahwa Allah sayang pada kami

Namun kami semakin terbawa mimpi

Jauh sekali untuk selalu mensyukuri yang ada saat ini


Karena bila harta mudah didapat

Kekuasaan pun mulai mengikat

Adalah sangat tepat

Bila Allah sedang memberi ujian berlipat


Masih layakkah kita meminta syurgaNya

Bersedekah saja seringnya terlupa

Sholat saja masih sering nanti-nanti saja

Apalagi kalau tilawah, mungkin seminggu sekali saja.

  • Kamis, 28 September 2017

Artikel Terkait

10 Aplikasi Keren yang Memudahkan Kerja Emak-Emak
10 Aplikasi Keren yang Memudahkan Kerja Emak-Emak
Rezeki Tak kan Tertukar
Rezeki Tak kan Tertukar
7 Pilihan aktivitas untuk Anak Saat di Perjalanan
7 Pilihan aktivitas untuk Anak Saat di Perjalanan
Bagaimana Caramu Mencintai Ibu
Bagaimana Caramu Mencintai Ibu
Rumah Idaman Emak
Rumah Idaman Emak
7 Situs Edukasi untuk Anak usia 3-12 Tahun
7 Situs Edukasi untuk Anak usia 3-12 Tahun
Menemukan Minat dan Bakat Anak
Menemukan Minat dan Bakat Anak
Bikin Portofolio Anak yuk
Bikin Portofolio Anak yuk

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar